Sabtu, 09 Februari 2019

Makanan burung perkutut agar rajin bunyi dan sehat

Dalam hal makanan perkutut, tidak seperti halnya pada burung kicauan, burung perkutut tidak membutuhkan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto ataupun ulat.

Makanan perkutut pada umumnya hanya berupa makanan berupa biji-bijian. Dengan pemberian makanan perkutut berupa berbagai jenis bijian yang tepat akan membuat perkutut menjadi lebih sehat, rajin berbunyi serta lebih produktif jika di ternak.


Jenis bijian makanan perkutut 

Berikut adalah biji-bijian yang merupakan makanan perkutut agar rajin bunyi. Berikan makanan utama sesuai dengan kebutuhannya pada burung-burung perkutut agar rajin bunyi dan senantiasa sehat.

Tidak perlu memberikan makanan untuk perkutut ternak pada perkutut anggungan (bunyi-bunyian) karena bisa menyebabkan kegemukan dan over birahi.

Millet

Biji milet putih untuk makanan perkutut yang utama


Millet adalah makanan perkutut berupa biji-bijian yang berwarna putih kekuningan. Bijian ini adalah makanan yang sangat vital kebutuhannya. Akan tetapi jika pemberiannya terlalu berlebihan (terutama untuk perkutut yg di taruh di sangkar kecil) maka perkutut akan menjadi cepat gemuk sehingga akhirnya malas untuk manggung.

Gabah

Gabah bangkok untuk makanan perkutut lomba


Kandungan gizi pada gabah tergolong rendah sehingga tidak membuat perkutut anda cepat gemuk. Makanan perkutut jenis ini sangat cocok untuk perkutut lomba karena sebanyak apapun perkutut anda makan, ia tidak akan bisa gemuk. Namun begitu anda tetap harus memperhatikan asupan gizi lainnya agar seimbang sehingga vitalitasnya tetap terjaga dan rajin manggung. Gabah untuk perkutut berukuran kecil, jadi lain dengan gabah untuk ayam.

Jewawut

Biji jewawut penting untuk pakan tambahan perkutut ternak


Bijian berwarna oranye ini sangat tinggi kandungan proteinnya, Bijian ini sangat penting di berikan untuk perkutut yg sedang mengeram dan meloloh. Asupan protein yang tinggi akan mempercepat proses pertumbuhan piyik perkutut.

Ketan hitam

Ketan hitam untuk perkutut lomba dan harian


Ketan hitam jika di tambahkan dalam makanan perkutut di percaya bisa memberikan rasa hangat pada tubuh perkutut, karena itu kebutuhannya cukup vital ketika di musim hujan. Selain untuk menjaga kesehatan burung perkutut di waktu musim hujan, pakan ini juga bisa mendongkrak power suara depan burung perkutut. 

Godem

Biji godem untuk pakan tambahan agar perkutut rajin bunyi dan gacor


Bijian berwarna hitam ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan ketan hitam. Pemberian godem pada makanan perkutut di percaya membuat perkutut lebih rajin berbunyi namun di percaya bisa menyebabkan perkutut banyak patah dan kurang stabil bunyinya.

Jadi pemberian makanan perkutut jenis ini jangan terlalu banyak porsinya (sedikit sekali) dalam campuran pakan.

Kacang hijau

Kacang hijau EF perkutut agar sehat dan lebih rajin bunyi


Tidak seperti pemberian pakan bijian lainnya, cara pemberian kacang hijau dengan cara di loloh dengan cara dipegang perkututnya sambil tangan satunya membuka paruh perkutut sambil di dorong kacang hijaunya ke kerongkongan perkutut. 

Sebelum di gunakan, kacang hijau sebaiknya di rendam dalam air mendidih (tidak di masak bersama airnya). Kacang hijau sebelum di berikan ke perkutut, sebaiknya di rendam terlebih dahulu sekitar 2 jam agar mengembang.

Kacang hijau adalah EF makanan perkutut yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan suara perkutut lomba. Bijian ini juga sangat baik untuk kesehatan burung piyik perkutut dan burung yang sakit.

Beras merah

Beras merah pakan tambahan untuk perkutut ternak


Beras merah banyak mengandung vitamin E yang berfungsi untuk perkembangan reproduksi perkutut. Vitamin ini sering di gunakan untuk burung perkutut yang  diternak agar cepat bertelur.

Beras merah juga banyak mengandung vitamin B yang sangat berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh. Akan tetapi jenis makanan ini hanya cocok untuk burung perkutut yang diternak.

Selain pakan yang tersebut di atas bisa juga di tambahkan biji sawit dan canary seed dalam jumlah sedikit saja dalam menu makanan perkutut kesayangan anda agar rajin bunyi gacor.

Waktu pemberian makanan perkutut 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemberian makanan perkutut adalah pada sore hari. Bisa 2 atau 3 hari sekali pada sore hari. 

Jika anda ingin menikmati bunyinya di hari libur, misalkan minggu, maka perbarui isi pakan pada hari sabtu sore agar besoknya burung perkutut anda lebih rajin bunyi. 

Jika Anda memperbarui isi pakan pada minggu pagi maka burung perkutut anda akan sibuk makan ketika ingin di dengar suaranya dan hari senin baru perkutut anda jadi lebih rajin bunyi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar